04 Maret 2010

Minum Air Putih itu Penting


Air adalah komponen terbesar penyusun protoplasma sel, dan air merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk kelangsungan hidup makhluk hidup.

Didalam suatu jaringan tubuh, air berfungsi sebagai :

* Zat pelarut berbagai jenis zat.

* Bahan pengangkut dari sel ke sel.

* Air juga berfungsi untuk menjaga stabilitas dan temperature tubuh.

Banyak penelitian membuktikan manfaat air untuk kesehatan, bukan sekedar penghilang dahaga oleh karena itu banyak yang berkata air adalah sumber kehidupan. Mengkonsumsi air secara cukup mampu mendorong racun dan toksin dalam tubuh melalui keringat, air seni, dan pernapasan.

Minum air putih juga membantu pembakaran lemak, menurunkan demam, meringankan sembelit, membentuk otot tubuh, meringankan saluran hidung tersumbat, memerangi sakit perut, sampai dengan memperbaiki mood seseorang.

Selain itu air sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Kecukupan air dalam tubuh berguna untuk menjaga kelembaban, kelembutan, dan elastisitas kulit akibat pengaruh suhu udara dari luar tubuh.

Minum air putih sering dianggap sepele oleh beberapa orang, padahal banyak manfaat nya, selain itu jika seseorang kekurangan air dalam tubuhnya maka banyak efek buruk yang ditimbulnya, antara lain efek yang paling ringan adalah anda akan merasa haus, wajah menjadi pucat dang kurang ceria berlanjut anda akan merasa lemas dan tidak gairah untuk melakukan aktifitas.

Bahkan yang paling menakutkan adalah cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.

0 komentar:

Posting Komentar