03 Maret 2010

Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah suatu tindakan atau proses antara dua atau lebih individu yang saling memiliki hubungan timbal balik atau sebab akibat. Syarat terjadinya interaksi adalah adanya kontak social yang terjadi serta komunikasi.

Pola interaksi dalam kehidupan sehari-hari dapat terjadi antara individu, individu dengan kelompok dan dapat pula terjadi antar sesama kelompok

Faktor-faktor pendorong terjadinya interaksi sosial diantaranya adalah:
1. Imitasi
Imitasi adalah proses meniru tingkah laku orang lain untuk diterapkan pada dirinya sendiri, contohnya : Seorang anak yang meniru cara makan orang tua nya.
2. Sugesti
Sugesti adalah suatu penerimaan pendapat, saran ataupun pandangan dari orang lain yang biasanya dianggap berwibawa atau berkedudukan tinggi, contohnya seseorang dapat menerima saran dari seorang ulama yang dianggapnya benar.
3. Identifikasi
Identifikasi adalah kecenderungan atau keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain (meniru secara keseluruhan), contohnya seorang fans yang mengikuti cara berpakaian artis idola nya.
4. Simpati
Simpati adalah proses dimana seseorang merasa tertarik oleh seseorang, contohnya adalah seseorang yang dapat merasakan sedihnya menjadi orang lain yang sedang sulit.

0 komentar:

Posting Komentar