02 April 2010

Jenis Jaringan


3 jenis Jaringan/Network yaitu :


Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.

Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti gedung perkantoran, sebuah sekolah, dan biasanya jaraknya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Model konfigurasi LAN, biasanya adalah satu komputer di jadikan sebuah server. Yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu disebut dengan workstation. Media yang biasa digunakan adalah kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan computer lainnya.


Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan

Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, Contoh yaitu : Jaringan pada suatu Bank yang memiliki banyak kantor cabang di dalam sebuah kota


Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar

Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang berskala besar biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan Jaringan suatu BANK yang ada di seluruh Indonesia ataupun yang ada di Negara negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di berbagai kota dapat saling berinteraksi dengan kantor cabang lainnya, dimanapun.

0 komentar:

Posting Komentar