05 Maret 2011

Audit Sistem Informasi Komputerisasi Akuntansi

Audit Sistem Informasi Komputerisasi Akuntansi

Sebelum mempelajari Audit Sistem Informasi Komputerisasi Akuntansi terlebih dahulu saya akan definisikan istilah-istilah tersebut sebagai berikut :

· Audit

Pemeriksaan alat, program, aktivitas, dan prosedur untuk menentukan sampai berapa jauh efisiensi kinerja seluruh sistem, terutama dari kepastian integritas dan keamanan data.

(http://www.total.or.id/info.php?kk=audit)

· Sistem

Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.

(http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem)

· Informasi

Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.

(http://blog.re.or.id/definisi-informasi-2.htm)

· Komputerisasi

Komputerisasi adalah pemanfaatan komputer sebagai sarana pengolah data, dimana persoalan yang akan didukung oleh komputer harus dapat dijabarkan kedalam sejumlah langkah penyelesaian yang pasti dengan sejumlah masukan dan keluaran yang sudah ditetapkan

(http://mairodi-training.com/?p=767)

· Akuntansi

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

(http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi)

Setelah dipelajari definisi tersebut maka saya dapat menyimpulkan :

Pengertian Audit Sistem Informasi Komputerisasi adalah :

“Sebuah cara kerja akuntansi berbasis komputer yang dapat digunakan untuk mengolah suatu data serta informasi pendukung keputusan dan mengaudit atau mengevaluasi cara kerja sistem informasi yang dimiliki nya”

Tujuan Audit Sistem Informasi Komputerisasi Akuntansi adalah :

“ Untuk mereview dan mengevaluasi pengawasan internal yang digunakan untuk menjaga keamanan dan memeriksa tingkat kepercayaan sistem informasi serta mereview operasional sistem aplikasi akuntansi yang digunakan”

Karakteristik Sistem Informasi Komputerisasi Akuntansi terdiri dari :

1. Akuntansi yang berbasis pada sistem informasi komputerisasi akuntansi dapat menghasilkan buku besar yang berfungsi sebagai gudang data (data warehouse). Di mana seluruh data yang tercantum dalam dokumen sumber dicatat dengan transaction processing software ke dalam general ledger yang diselenggarakan dalam bentuk shared data base sehingga dapat diakses oleh personel atau pihak luar yang diberi wewenang.

2. Pemakai informasi akuntansi dapat memanfaatkan informasi akuntansi dengan akses secara langsung ke shared data base.

3. Sistem informasi komputerisasi akuntansi dapat menghasilkan informasi dan laporan keuangan multi dimensi.

4. Sistem informasi komputerisasi akuntansi sangat mengandalkan pada berfungsinya
kapabilitas perangkat keras dan perangkat lunak.

5. Jejak audit pada sistem informasi komputerisasi akuntansi menjadi tidak terlihat dan rentan terhadap akses tanpa izin.


Daftar Pustaka :


http://adityaekablog.blogspot.com/2010/03/audit-sistem-informasi-komputerisasi.html

http://www.total.or.id/info.php?kk=audit

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem

http://blog.re.or.id/definisi-informasi-2.htm

http://mairodi-training.com/?p=767

http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi

Kensawitri Wulandari

10107970

4KA14


0 komentar:

Posting Komentar