13 Februari 2011

Kode Etik Profesional & Prinsip Etika


Kode Etik Profesional & Prinsip Etika

Aturan, etika serta kode etik yang sudah sering didengar dan perilaku yang mencerminkan pribadi seseorang memanglah penting, begitu pula dalam konteks profesionalisme, maka perlu dipelajari hal-hal berikut :

Definisi Etika

Kata etika, serimg disebut dengan istilah etik, atau ethics (bahasa Inggris), mengandung banyak pengertian. Dari segi istilah etika berasal dari kata Latin “ethicus” dan dalam bahasa Yunani disebut “ethicos” yang berarti kebiasaan.

Sekilas tentang arti kode etik

Kode etik adalah standar moral bagi setiap profesi yang dituangkan secara formal, tertulis dan normative dalam suatu bentuk aturan main, dan perilaku. Kode etik juga merupakan standart atau komitmen moral kode perilaku (code of conduct) dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban selaku by profession dan by function yang memberikan jaminan dan pedoman bagi profesi bersangkutan untuk tetap taat dan mematuhi kode etik itu sendiri.

Tujuan kode etik agar profesional memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabahnya. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional. sedangkan menurut UU NO. (POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN), mengatakan

Kode etik profesi adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari.

Prinsip-prinsip etika profesi

Menurut Keraf(1993:49-50), antara lain:

1. Tanggung Jawab

2. Kebebasan

3. Kejujuran

4. Keadilan

5. Otonomi

Sumber :

1. Rismawaty, Kepribadian & Etika Profesi, Graha Ilmu, 2008

2. http://etikaprofesidanprotokoler.blogspot.com/2008/03/kode-etik-profesi.html

3. http://file.upi.edu/Direktori/A%20-%20FIP/JUR.%20PEND.%20LUAR%20SEKOLAH/197009302008011%20-%20ASEP%20SAEPUDIN/kode-etik.pdf


Nama : Kensawitri Wulandari

NPM : 10107970

Kelas : 4KA14

“ Puncak tertinggi dalam hidup bukanlah pengetahuan melainkan tindakan “

(Thomas Henry Huxley)

0 komentar:

Posting Komentar