11 November 2010

Arsitektur serta Layanan pada Telematika

Arsitektur serta Layanan pada Telematika
( Architecture and Services in Telematics )


Mengenal istilah arsitektur, arsitektur adalah sebuah istilah unik yang bermakna merancang. Ya arsitektur lebih dikenal dengan arti merancang, namun lebih detail tentang itu menurut saya arsitektur itu berarti sebuah ilmu mengkreasikan sesuatu menjadi suatu seni yang bermakna. Sedangkan telematika itu sendiri seperti yang sebelumnya telah dibahas, telematika berarti komunikasi jarak jauh. Jadi arti pembahasan sesuai judul diatas jika dimaknai berarti seni merancang atau mengkreasikan tampilan komunikasi jarak jauh agar dapat berkomunikasi dengan baik meski dalam jarak yang berjauhan.

Arsitektur pada telematika terbagi dua macam, yaitu :
• Server – Side
Server adalah penyedia informasi maupun data yang nantinya informasi itu akan di share. Mengacu pada dua istilah tersebut dalam komunikasi jarak jauh, server bisa dicontohkan sebagai penyedia layanan berupa google.com
• Client
Client adalah pihak yang meminta sebuah informasi maupun data dari pihak penyedia, Contoh client yaitu user yang menggunakan layanan dari server dengan computer pribadinya.

Selain perancangan didalam arsitektur itu penting, satu lagi yang juga dianggap penting dalam komunikasi jarak jauh, yaitu service. Service itu sendiri berarti
Didalam telematika service terbagi tiga yaitu ;
1. Layanan Informasi (Information Service)
Layanan telematika ini merupakan gabungan antara sistem komunikasi dan benda yang dapat bergerak contohnya seperti mobil, hal tersebut berguna agar informasi yang ditawarkan dapat secara langsung ditawarkan atau sampai kepada konsumen akhir. Salah satu contohnya adalah Internet Service berupa M-Commerce.
2. Layanan keamanan (Security Service)
Kedua adalah layanan telematika berupa layanan keamanan. Fasilitas yang disediakan oleh layanan kedua ini berguna untuk mengawasi dan memberikan informasi apabila terjadi sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan ketentuan. Selain itu layanan ini dapat mencegah serta mengurangi pencurian data dan kejahatan pada jaringan.
3. Layanan Context-Aware dan Event-base (Context-Aware Service)
Layanan ketiga pada telematika ini yaitu Context aware. Context_Aware itu sendiri berarti adalah kemampuan sebuah sistem untuk melakukan penyesuaian dengan kebutuhan yang ada guna memahami user, lingkungan serta jaringan yang digunakan. Contoh layanan Context-Aware dan Even-base diantaranya adalah navigation dan LBS (Location-Based Service).





0 komentar:

Posting Komentar